TIPOLOGI KANTOR

Posted by Alviansyah Yudhistiro on Jumat, November 25, 2016

Tipologi adalah sebuah pengklasifikasian sebuah tipe berdasarkan atas penelusuran terhadap asal usul terbentuknya objek-objek terhadap arsitektural (Budi.A.sukada)
Secara sederhana tipologi dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep yang 
mendescribe sebuah kelompok objek atas dasar kesamaan sifat-sifat dasar. Bahkan bisa juga dikatakan bahwa tipologi berarti tindakan berpikir dalam rangka pengelompokan. (Raphael Moneo)

 Pengertian Kantor
Secara etimologis kantor berasal dari Belanda: “kantoor”, yang maknanya: ruang tempat bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris “office” memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat kerja.
Pengertian kantor dapat dibedakan menjadi 2, yaitu kantor dalam arti dinamis dan kantor dalam arti statis.
Kantor dalam arti dinamis merupakan proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian/ pendistribusian data/informasi. Atau dapat dikatakan kantor dalam arti dinamis merupakan kegiatan ketatausahaan atau kegiatan administrasi dalam arti sempit
Sedangkan kantor dalam arti statis bisa berarti Ruang kerja, kamar kerja, markas, biro, instansi, lembaga, jawatan, badan,  perusahaan, serta tempat atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan penyampaian/pendistribusian data/informasi.

Faktor Bangunan Gedung Kantor
 Faktor-faktor yang harus diperhatikan  pada bangunan gedung kantor yaitu:
a)    Syarat Administratif
Persyaratan administratif meliputi, pertama status hak atas tanah, dan atau izin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, kedua, status kepemilikan bangunan gedung, dan yang ketiga, izin mendirikan bangunan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
b)    Konstruksi gedung
Disain arsitektur (aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja  diperhatikan mulai dari tahap perencanaan). Seleksi material, misalnya tidak menggunakan bahan yang membahayakan seperti asbes dll. Seleksi dekorasi disesuaikan dengan asas tujuannya misalnya penggunaan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan.Tanda khusus dengan pewarnaan kontras/kode khusus untuk objek penting seperti perlengkapan alat pemadam kebakaran, tangga, pintu darurat dll. (peta petunjuk pada setiap ruangan/unit kerja/tempat yang strategis misalnya dekat lift dll, lampu darurat menuju exit door).
c)    Kesehatan
Untuk menjaga kesehatan para pekerja kantor, gedung kantor harus memenuhi syarat-syarat sebagai kantor yang sehat. Kantor yang sehat harus memiliki syarat sebagai berikut:
·         Memiliki kualitas udara  yang baik
·         Memiliki kualitas pencahayaan yang baik
·         Sistem sanitasi yang baik
·         Kebersihan terjaga
d)    Keamanan
Faktor keamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam pembanguan gedung kantor. Dengan adanya kepastian keamanan pada gedung kantor maka pekerja akan lebih  merasa aman, nyaman dan tenang ketika bekerja. Dengan rasa aman tersebut pekerja akan dapat melaksanakan pekerjaan dengan lebih maksimal. Untuk menciptakan keamanan pada gedung kantor dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan memasang berbagai alat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran (Fire Safety Management), dan dengan menempatkan petugas keamanan di setiap lantai.
e)    Keindahan/Desain Interior
Desain sebuah bangunan tak sekadar memberikan pemandangan indah bagi pemiliknya, namun juga dapat merepresentasikan jiwa penghuninya serta menunjukkan kreativitas dan kemampuan dalam menghasilkan karya lewat tampilan tempat kerja.

Tipologi Gedung Parlemen
Gedung parlemen merupaka sarana penting dalam kebutuhan pengelolaan suatu negara yang digunakan sebagai tempat kerja atau beraktivitas para wakil rakyat, sebagai tempat kerja diharapkan memberi kondisi-kondisi seperti aman, nyaman sehingga dapat mendukung kegiatan yang berlansung di dalamnya. Gedung parlemen juga merupakan tempat yang terbuka untuk masyarakat yang sudah mengirimkan para wakilnya, dan diberi kesempatan bertemu dan bertatap muka untuk memberi keluhan-keluhan tentang permasalahan-permasalahan yang timbul belum dibuat solusi-solusi yang dapat menyelesaikan persoalan.
Gedung parlemen dapat juga sebagai tempat yang memberi harapan kepada masyarakat dalam suatu negara dimana para wakil rakyat yang diutus, dapat membuat undang-undang dan peraturan negara yang dapat menyentuh kepentingan negara dan rakyak, solusi-solusi yang dibuat oleh para wakil rakyat yang menyentuhpersoalan masyarakat, memberi rasa memiliki dari seluruh masyarakat dalam suatu negara terhadap parlemen dan gedung yang mengwadahinya.
Hasil dan kinerja yang didapat dari aktivitas dewan perwakilan rakyat di gedung parlemen yang memberi kemajuan nyata pada perkembangan suatu negara merupakan harapan utama dari masyarakat yang sudah mengirim wakilnya untuk duduk di parlemen.
Gedung parlemen termasuk dalam tipologi bangunan Govenrmental and Public, sebab memiliki fungsi-fungsi seperti perkantoran pemerintah yang melayani kepentingan masyarakat, akan tetapi gedung parlemen memiliki kebutuhan khusus seperti ruang paripurna yang lebih memiliki karakter seperti ruang Teater. Penataan dan susunan tempat duduk pada ruang sidan paripurna ada beperapa tipe berpatokan pada contoh penataan ruang paripurna beberapa negara
1.    Setengah lingkaran tersusun beda ketinggian memiliki titik orientasi yang sama ke area pengendali rapat(ketua)
Ruang Parlemen Amerika Serikat

2.    Setengah lingkaran datar menghadap ke panggun (pengendali rapat atau ketua)
Ruang Parlemen Indonesia

3.    Berbentuk ”U” tersusun beda ketinggian memiliki titik orientasi yang sama ke area pengendali rapat(ketua)
Ruang Parlemen Australia

4.    Berbentuk lingkaran tersusun beda ketinggian orientasi terfokus ke tengah.
 Ruang Parlemen Jerman

5.    Bentuk berhadapan tersusun beda ketinggian.
 Ruang Parlemen Inggris

Ruang rapat paripurna memiliki tribun yang berfungsi sebagai tempat duduk untuk masyarakat dan pengamat kelompok masyarakat untuk menyaksikan jalannya rapat atau diskusi yang dilakukan oleh wakil mereka yang sudah diutus di parlemen, kondisi ini lebih merupakan untuk membangun kepercayaan antara masyarakat atau kelompok dengan para utusannya, sebagai masyarakat yang sudah mengutus wakilnya di parlemen harus memiliki kepedulian sebagai kontrol sosial untuk para wakil yang ada di parlemen, sehingga kinerja dewan perwakilan dapat lebih baik dan bekerja untuk kepentingan rakyat dan negara

Gedung Reichstag 

Gedung Reichstag di Berlin didirikan sebagai tempat di mana Reichstag, atau parlemen Kekaisaran Jerman, akan bersidang. Gedung ini dibuka pada tahun 1894 dan memberi tempat Reichstag sampai tahun 1933. Kemudian sekali lagi menjadi tempat parlemen Jerman mulai tahun 1999 sampai sekarang.
Agak membingungkan, parlemen Jerman sekarang disebut Bundestag. Reichstag sebagai parlemen kembali kepada hari-hari Kekaisaran Suci Romawi dan berhenti ada pada tahun-tahun kekuasaan Jerman Nazi (1933-1945). Dalam percakapan sehari-hari di Jerman dalam bahasa Jerman, istilah Reichstag merujuk kepada gedungnya, sedangkan Bundestag merujuk kepada institusinya.
Dirancang dalam gaya Barok baru yang megah oleh Paul Walloot dan dibuka untuk parlemen Imperial Jerman pada tahun 1894, Reichstag Berlin adalah tempat Weimar Republic (1919-33) sebelum dibakar pada tahun 1933 tidak lama setelah Hitler berkuasa. Pada bulan Mei 1945, tempat ini menjadi pusat serangan Rusia terhadap Berlin. Menjadi hancur, tetapi kemudian diperbaiki dan dijadikan kantor Federal Republik Jerman di tahun 1960-an sebelum direnovasi di tahun 1990-an oleh arsitek Inggris, Norman Foster, menjadi tempat parlemen Jerman yang baru setelah reunifikasi. Grafiti Tentara Merah tetap dipelihara, sementara pengunjung melihat kubah besi dan kaca Foster, berjalan di atas dan melihat ke bawah ke wakil rakyat yang dipilih untuk melayani, bukannya menguasai mereka.

Pada tahun 1993, arsitek Inggris bernama Norman Foster memenangkan kompetisi internasional atas Reichstag, walaupun tidak sampai dua tahun kemudian desain finalnya baru disetujui. Tantangan yang dihadapi Foster adalah untuk memuat tiga pemisah-gedung harus difungsikan sebagai gedung parlemen yang akan memenuhi kebutuhan anggota parlemen, publik, dan pers. Gedung ini juga harus efisien bagi lingkungan, menggunakan energi minimum walaupun gedungnya berukuran sangat besar, Terakhir, arsitekturnya merupakan arsitektur ideal modern Jerman, yang optimis terhadap masa depan tanpa menghiraukan pengalaman pahit di masa lalu.
Gedung yang diselesaikan pada tahun 1999 ini, merupakan kombinasi menarik dari masa kuno dan masa kini. Interiornya yang gelap dan mengintimidasi, telah tersapu dan terganti oleh ruang transparan yang dipenuhi cahaya dan udara. Ruang diskusi berdinding kaca membuat publik memiliki 400 kursi. Atapnya juga merupakan ruang publik dengan restoran teras yang dibagi untuk pengunjung dan para politisi.
Namun, beberapa bagian yang berasal dari masa lalu masih dirawat dengan baik. Koridor aerial baja antikarat dan kaca yang mengapung di bawah kubah ukir dari zaman Kaiser. Pintu masuk ruang pameran dilapisi dengan batu, dan pada beberapa dindingnya di ukir dengan graffiti Cyrillic, ditulis Tentara Merah selama peperangan Berlin pada tahun 1945.

Kubah Cahaya

Rencana awal restorasi proyek tidak termasuk mengembalikan kembali kubah terkenal Reichstag, yang hancur dalam kebakaran pada tahun 1933 dan akhirnya dihancurkan pada tahun 1954. Untuk membuat kembali terkenal ini, akan menjadi latihan nostalgia yang berbahaya. Tetapi kubah kaca dan baja yang akhirnya di rancang Foster berkat pendahulunya yang kaku, kini dilihat sebagai simbol Berlin kontemporer.

Dengan diameter 130 kaki (40 m) dan berat 1.344 ton (1.200 ton metrik), kubah ini memuat kaca berkilau seluas 3.600 yard2 (3.000 m2). Di dalam strukturnya,  terdapat sepasang baja menuju ke tangga spiral landai ke podium bagian atas. Namun, keistimewaan yang paling mengejutkan adalah “pahatan cahaya”, yaitu sebuah cermin kerucut ini mengarahkan sinar matahari langsung ke ruang-ruang, memantulkan awan dan langit. Pada malam hari, efek cahayanya bahkan lebih dramatis, cahaya kubah bersinar dalam kegelapan.

REFRENSI






Nama Anda
New Johny WussUpdated: Jumat, November 25, 2016

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kebanyakan kantor pemerintahan masih menggunakan desain yang monoton dan tidak menerapkan greend building, bedang dengan gedung perkantoran yang semakin modern yang di tuntut ramah lingkungan.

    BalasHapus