TIPOLOGI BANGUNAN RUMAH SAKIT "EINSTEIN MEDICAL CENTER MONTGOMERY"

Posted by Alviansyah Yudhistiro on Rabu, Januari 25, 2017


A.    PENGERTIAN RUMAH SAKIT
1.     Secara umum
Rumah sakit adalah suatu organisasi kompleks yang menggunakan Perpaduan peralatan ilmiah yang rumit dan khusus, yang difungsikan oleh kelompok tenaga terlatih dan terdidik dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan pengetahuan medic modern untuk tujuan pemulihan dan pemeliharaan kesehatan yang baik.
2.     Menurut kementrian kesehatan
Sarana upaya kesehatan dalam menyelanggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian
3.     Menurut WHO
suatu bagian yang menyeluruh lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitative dimana output layanannya menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan tenaga kesehatan serta untuk penelitian biososial

B.    TIPE TIPE RUMAH SAKIT
1.     Rumah Sakit Tipe-A
Rumah sakit tipe-A adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas. Oleh pemerintah, RS tipe-A ini telah ditetapkan sebagai tempat pelayanan rujukan tertinggi (Top Refetral Hospital).
2.     Rumah Sakit Tipe-B
Rumah sakit tipe-B adalah RS yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis luas dan subspesialis terbatas. Direncanakan RS tipe-B  didirikan disetiap ibukota Propinsi (Provincial Hospital) yang menampung pelayanan rujukan RS Kabupaten.
3.     Rumah Sakit Tipe-C
Rumah Sakit Tipe-C adalah RS yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas. Pada saat ini ada empat macam pelayanan spesialis yang disediakan yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak serta pelayanan kebidanan dan kandungan.
4.      Rumah Sakit Tipe-D
Rumah sakit tipe-D adalah RS yang bersifat transisi karena pada suatu saat akan ditingkatkan menjadi RS tipe-C. Pada saat ini kemampuan  RS tipe-D hanyalah memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi.
5.      Rumah Sakit Tipe-E
Rumah sakit tipe-E adalah RS khusus (special hospital) yang menyelenggarakan hanya satu macam pelayanan kedokteran saja (Azwar, 1996 : 89-90).

C.     FUNGSI RUMAH SAKIT
Berdasarkan keputusan Mentri Kesehatan RI No.983/Menkes/per/II 1992 "tugas rumah sakit adalah melaksanakan upaya kesehatan serta berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang di laksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan".   
Untuk melaksanakan tugas tersebut, rumah sakit memiliki fungsi yaitu:
1.     Fungsi perawatan
Meliputi promotif (Peningkatan kesehatan), prefentif (Pencegahan penyakit), kuratif (Penyembuhan penyakit), rehabilitataif (Pemulihan penyakit),penggunaan gizi,pelayanan pribadi,dll.
2.     Fungsi Pendidikan
Critical right (Penggunaan yang tepat meliputi : tepat obat, tepat dosis, tepat cara pemberian, dan tepat diagnosa).
3.     Fungsi Penelitian
Pengetahuan medis mengenai penyakit dan perbaikan pelayanan rumah sakit (Depkes RI).

D.    RUANGAN PADA RUMAH SAKIT
Ruangan pada rumah sakit pada umumnya terbagi menjadi :
1.     UGD / IGD (Unit / Instalasi Gawat Darurat)
UGD / IGD adalah ruangan utama di RS yang memberi pelayanan 24 JAM, dimana kasus-kasus kegawat daruratan selama 24 JAM di tangani di ruangan tsb (misal kecelakaan, serangan jantung mendadak, atau orang yg kesadarannya menurun. Petugas yang berjaga di UGD : Dokter Umum, Perawat bersertifikat ATLS / ACLS (Advance Trauma Life Support dan Advance Cardiac Life Support).UGD / IGD terbagi atas Triase Observasi, Resusitasi, Bedah kecil (misalnya : pengangkatan beling di anggota tubuh pasien yang lukanya dalam).
2.     Intensive Care Unit (ICU)
Pasien yang di rawat di ruangan ini adalah pasien yang kondisi kesadarannya rendah / perlu di observasi secara ketat. Dimana seluruh pasien menggunakan Bedside Monitor / Patient monitor yang tersambung ke Central Monitoring (ICU Nurse Station) sehingga bila terjadi perubahan tanda vital pada pasien, bisa segera dilakukan tindakan, kebanyakan pasien ICU juga menggunakan Ventilator untuk membantu nafas pasien. Perawat di ICU juga sudah terlatih untuk kasus-kasus pasien kritis.
3.     Intensive Cardiac Care Unit (ICCU)
Ruangan ini hampir sama dengan ICU, hanya ICCU adalah ruangan khusus untuk pasien penyakit jantung. Alat-alat yg tersedia sama dengan ICU.
4.     PICU / NICU / Perinatologi (Perina)
PICU / Pediatric Intensive Care Unit adalah ICU untuk anak-anak.
NICU / Neonatal Intensive Care Unit adalah ICU untuk bayi baru lahir dengan kondisi       lemah, seperti : cacat bawaan (belum terbentuknya organ secara sempurna), gangguan         pernafasan berat (menggunakan ventilator) dan bayi berat bedan rendah.
Perina adalah perawatan bayi yang kondisinya kurang baik seperti paru-paru belum matang (biasanya diberikan Bubble CPAP) dan memerlukan observasi lebih lanjut, namun tingkat perina lebih rendah dari pada PICU
5.     HCU (High Care Unit)
Ruangan ini sama seperti ICU, hanya pasien yg dirawat di HCU kondisinya lebih baik dari pasien ICU (tdk pakai ventilator) namun tetap dgn pengawasan ketat.
6.     Ruang Bersalin / VK (Verlos Kamer)
Ruang Bersalin adalah ruangan yang digunakan untuk persalinan normal.
7.     Ruang Operasi / OK (Operatie Kamer)
Ruang Operasi di rumah sakit biasa di bagi menjadi dua, yaitu ruang operasi major dan minor. Di ruang operasi juga tersedia ruang recovery (pemulihan) dan CSSD (Central Sterile Supply Dept) untuk mensterilkan alat-alat/ instrumen operasi.
8.     Ruang Rawat Inap
Ruang perawatan di RS biasanya dibagi menjadi 5 yaitu, VVIP,VIP,Kelas 1,2,3. Perbedaannya adalah jumlah pasien dalam satu kamar dan fasilitas tambahan, seperti : Di ruang VVIP dan VIP bed pasien elektrik sedangkan kelas 1,2,3 manual (diputar) dan di Ruang VVIP/VIP terdapat sofa untuk penunggu pasien.
9.     Ruang Radiologi
Ruang Radiologi memiliki alat untuk memeriksa bagian dalam anggota organ pasien. Cth radiologi : X-Ray Rontgen, CT-SCAN / MSCT-SCAN, MRI.
10. Laboratorium
Laboratorium digunakan untuk memeriksa keadaan pasien yang dilalukan dengan pengambilan sampel darah, urin, tinja, sperma dll.
11. Poli Spesialis
Poli Spesialis merupakan pembagian poli berdasarkan spesialis dokter.
12. Apotik
Apotik di rumah sakit melayani untuk Rawat Jalan dan Rawat Inap dan mempunyai stok obat yang memadahi

Einstein Medical Center Montgomery

Detail Proyek
·           Proyek: Einstein Medical Center Montgomery
·           Nama lain:
·           Pengembang: Einstein Jaringan Kesehatan
·           Lokasi: 559 W Germantown Pike, East Norriton, PA 19403, Amerika Serikat
·           Arsitek: Perkins + Will
·           Tahun Selesai: 2012
·           Negara: Amerika Serikat

Sebagai fasilitas kesehatan besar pertama dibangun di tenggara Pennsylvania dalam lebih dari satu dekade, Einstein Medical Center Montgomery (EMCM) menyediakan wilayah dengan 360.000 kaki persegi, 146 tempat tidur, dan fasilitas perawatan akut bersertifikat LEED Silver. Terdiri dari 96 medis tempat tidur / bedah, unit 22-tempat tidur perawatan intensif, unit postpartum 20-tempat tidur, dan Tingkat IIIB unit perawatan intensif neonatal 8-tidur, serta bangunan seni medis berlantai dua, EMCM adalah sepenuhnya terpadu, yang terbaik di kelas fasilitas medis.
Berdekatan dengan 690-acre pertanian taman yang menciptakan, pengaturan pastoral damai untuk pusat medis, EMCM terletak di 87 acre dari mantan lapangan golf. Muncul secara organik dari pemandangan alam, fasilitas fitur rendah, garis horizontal yang meningkat menjadi patung bentuk dramatis,, modern. bertingkat tirai kaca dinding atrium ini menciptakan jendela gambar dari pengaturan luar dan menyediakan fungsionalitas performa tinggi, termasuk efektif membatasi keuntungan panas eksternal dengan mengontrol jumlah sinar matahari langsung yang dapat memasuki gedung. desain dan konstruksi elemen berkelanjutan khas lainnya termasuk lansekap asli yang tidak memerlukan irigasi minum, dioptimalkan sistem mekanis yang mengurangi energi dan air biaya operasional, dan bahan bangunan dengan persentase yang tinggi dari daur ulang dan regional bersumber konten.
Selain prestasi fasilitas Einstein dalam desain berkelanjutan, perbedaan utama proyek adalah dedikasi untuk melayani kebutuhan baik pasien dan masyarakat serta perayaan dari keindahan pemandangan alam sekitarnya. Setiap fitur dari pusat $ 150 juta, termasuk interior, eksterior, fasilitas dan bahkan seni, telah dirancang untuk meningkatkan perawatan pasien. wilayah kerja tim pengasuh seluruh fasilitas yang terbuat dari partisi yg dpt dibongkar dan componentry modular yang khusus untuk tugas, memberikan keseimbangan dan mematikan wilayah kerja tahap. Sebagai bagian dari lingkungan perawatan kolaboratif, keluarga ditampung dengan sofa tidur konversi untuk mengunjungi dan bermalam, sistem hiburan dan akses ke layanan kamar makan. Tim proyek memberikan pertimbangan-hati dengan alam dalam desain EMCM, sehingga akses yang berlimpah untuk siang hari dan dilihat, kinerja tinggi desain akustik, dan meluasnya penggunaan warna dan bahan regional yang relevan.
Memperluas pendekatan yang berpusat pada manusia proyek dan dengan anggukan untuk desain aktif - ruang menciptakan yang mendorong gaya hidup sehat dan memerangi penyakit seperti obesitas - 30 ekar ruang terbuka dipertahankan, menciptakan ruang untuk berjalan jalan yang tersedia dengan alasan untuk pasien , pengunjung, staf, dan masyarakat.
Baru Einstein Medical Center Montgomery dirancang oleh Perkins + Will, dibuka Sabtu, 29 September, di East Norriton, PA. Einstein Montgomery adalah, fasilitas kesehatan abad ke-21 yang komprehensif yang didedikasikan untuk melayani kebutuhan vital masyarakat dan merayakan keindahan pemandangan alam sekitarnya melalui strategi desain yang mengintegrasikan arsitektur, interior, dan perencanaan medis.
Berlokasi berdekatan dengan 500 ha taman pertanian, Einstein Montgomery adalah hasil dari kolaborasi intensif Perkins + Will dengan klien, Jaringan Kesehatan Einstein, untuk membawa berteknologi maju, layanan lengkap, rumah sakit perawatan akut penduduk pusat Montgomery County . Bangunan-membuat up dari 96 medis tempat tidur / bedah, unit 22-tempat tidur perawatan intensif, unit 20-tempat tidur post partum / antepartum, dan unit perawatan intensif neonatal delapan tempat tidur, serta seni medis dua lantai bangunan -Membuat ekspresi dinamis keunggulan medis sekaligus menawarkan peduli lingkungan dan ramah. Menambahkan ini, hampir 30 hektare ruang terbuka dipertahankan untuk membuat pengaturan pastoral yang saling melengkapi. Tidak hanya visi desain klien sadar, tetapi proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran melalui pendekatan dipercepat yang memenuhi proses Perumahan federal Administrasi diamanatkan dan jadwal untuk pembiayaan.
Einstein benar-benar dibangun untuk mengoptimalkan pengalaman pasien, Fasilitas baru muncul secara organik dari pemandangan alam, menampilkan rendah, garis horizontal yang meningkat menjadi patung, bentuk dramatis, berwarna terang dibalut panel beton pracetak menyerupai batu. Sebuah bertingkat tirai kaca dinding membedakan entri umum utama, menciptakan jendela gambar kebesaran dengan pemandangan tetangga Norristown Farm Park siang hari, dan tengara khas untuk rumah sakit di malam hari. Selain daya tarik estetika, dinding tirai menyajikan kinerja tinggi tujuan fungsional juga; permukaan miring efektif membatasi keuntungan panas eksternal dengan mengontrol jumlah sinar matahari langsung memasuki gedung, dan pola frit gradated keramik pada kaca mengurangi silau untuk kenyamanan visual. Di dalam, serangkaian balkon bertingkat di seluruh atrium, berorientasi pada dinding tirai, menyediakan area tunggu menyenangkan dan nyaman bagi pengunjung dengan pemandangan indah ke taman pertanian.
"Einstein Medical Center Montgomery sebagian besar terinspirasi oleh aspek alami dari situs dan pengaturan pedesaan," kata Robert Goodwin, Desain Principal dan Direktur Desain Arsitektur kantor Perkins + Will New York. "Kami bangga telah mampu membawa visi klien kami untuk hidup dan untuk memberikan fasilitas kesehatan canggih yang mendorong penyembuhan."
"Setiap upaya telah dilakukan untuk memberikan akses yang berlimpah untuk siang hari bagi pasien, pengunjung, dan staf," kata Perkins + Will Desain Interior Principal Carolyn Baross, yang sangat sadar akan kekuatan terapi yang disediakan oleh konektivitas dengan alam dan keluarga. "Kamar Pasien memiliki jendela luas yang mengambil keuntungan dari pandangan, dan warna, tekstur, dan bahan yang hati-hati dipilih untuk fashion ruang nyaman, menenangkan, dan aman."
Dengan stasiun keperawatan terletak tepat di luar kamar pasien, tata letak interior meningkatkan efisiensi staf dan alur kerja tanpa mengorbankan pengalaman pasien. Untuk mencapai keseimbangan antara privasi dan observasi, kamar individu memiliki jendela interior, dengan tirai yang dapat dibuka dan ditutup dari kedua belah pihak, yang memungkinkan perawat untuk memantau pasien melalui pintu ditutup. Keluarga yang dibayangkan sebagai bagian dari tim perawatan kolaboratif. Hal ini diperkuat melalui desain kamar pasien, dengan area keluarga dilengkapi dengan sofa tidur konversi untuk relaksasi dan menginap semalam, sistem hiburan, dan akses ke layanan kamar makan. kamar pasien, koridor, dan ruang publik lainnya menampilkan seni khusus dipilih untuk ketenangan visual dan relevansi regional.
Selain rumah sakit utama, Perkins + Will merancang 75.000 kaki persegi bangunan kantor medis di desain-membangun kemitraan dengan Alter + Care, salah satu kesehatan terkemuka perusahaan real estate bangsa. Kantor itu dipahami sebagai perpanjangan mulus fasilitas secara keseluruhan, dengan sirkulasi internal yang berdekatan, ekspresi arsitektur pelengkap, dan komitmen untuk keberlanjutan.
Desain dan konstruksi berkelanjutan elemen termasuk lansekap asli yang tidak memerlukan irigasi minum, dioptimalkan sistem mekanis yang mengurangi biaya energi operasional, dan bahan bangunan dengan persentase yang tinggi dari konten daur ulang. Bangunan ini akan memungkinkan rumah sakit untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan untuk masyarakat, manfaat pasien, staf, dan ekosistem lokal.
Pusat medis terbaru Einstein Healthcare Network, fasilitas kesehatan terbesar dibangun di tenggara Pennsylvania dalam lebih dari satu dekade, mendapatkan sertifikasi Perak LEED NC beberapa bulan yang lalu - tepat pada waktunya untuk Greenbuild , yang diadakan tahun ini di dekat Philadelphia. Berikut adalah rincian balik segelintir kualitas yang sangat berkelanjutan proyek.
Bahan bangunan
Tim di belakang Einstein Medical Center Montgomery (EMCM) dikembangkan beberapa strategi untuk memilih bahan bangunan yang baik memperkuat praktek-praktek berkelanjutan dan mengurangi biaya siklus hidup jangka panjang. Evaluasi untuk bahan eksterior berpusat terutama pada kinerja tinggi sementara standar pemeliharaan, daya tahan, dan dampak yang diketahui pada kesehatan manusia yang terutama kunci ketika memilih interior selesai. variabel tambahan dipertimbangkan untuk setiap bahan termasuk biaya langsung, jumlah energi yang berkurang, membangun jadwal bahan pembaharuan, dan operasi dan pemeliharaan biaya.
Jenis dan warna dari bahan bangunan eksterior dengan hati-hati dipertimbangkan untuk mengambil keuntungan penuh dari keuntungan matahari mana yang diinginkan, dan meminimalkan itu di daerah mana itu tidak diinginkan. The gerbang dan buram permukaan eksterior bangunan terutama Masonry, bahan yang sangat tahan lama dengan siklus hidup panjang yang secara efektif bertindak sebagai sistem penyimpanan termal. Daerah bangunan yang terkena peningkatan kadar sinar matahari langsung adalah dari warna yang sangat terang dan sangat reflektif, mengurangi jumlah panas yang tidak diinginkan yang disimpan.
Di dalam, berbagai bahan yang dianggap sebagian karena standar yang ketat untuk pengendalian infeksi. Teraso, bahan lantai alami, dipilih untuk semua area publik sangat diperdagangkan bangunan karena menawarkan rentang hidup empat puluh tahun dan dapat aktif dipertahankan untuk memenuhi standar pengendalian infeksi dengan penggunaan produk pembersih tidak beracun. Porselen lantai, bahan alami dan sangat tahan lama lain, digunakan untuk semua daerah toilet dan pelayanan makanan publik. Bahan yang dipilih untuk semua rel kecelakaan dan penjaga sudut adalah bebas PVC dan juga memenuhi tingkat Perak dari salah satu sistem rating lingkungan yang paling kuat: Cradle to Cradle Sertifikasi.
Untuk proyek, komitmen dibuat untuk lokal sumber setidaknya 10% dari semua bahan bangunan, baik di dalam dan luar, yang berarti bahwa bahan akan diekstraksi, diproses, dan diproduksi dalam 500 mil dari situs. Pendekatan ini mengurangi emisi dan biaya yang terkait dengan pengiriman kendaraan ke situs. Selain itu, lebih dari 25% dari total nilai bahan yang digunakan dalam proyek berasal dari konten daur ulang.


Berbagai pendekatan desain yang berkelanjutan yang digunakan dalam proyek Einstein Medical Center Montgomery.

Pertimbangan Site
Dalam merancang site,memprioritaskan gangguan minimal dari pemandangan alam, pelestarian sumber daya alam, dan anggaran. Serangkaian bioswales terhubung dan gorong-gorong, yang menggunakan vegetasi asli dan diadaptasi, mengalihkan situs stormwater ke di tempat embung. Hal ini memungkinkan air secara alami meresap dan mengisi ulang meja air, mengurangi baik biaya jangka panjang muka dan berhubungan dengan manajemen stormwater. hati-hati memilih vegetasi berarti bahwa lanskap akan bergantung pada curah hujan alami situs, menghilangkan kebutuhan untuk sistem irigasi sub-permukaan yang dapat datang dengan biaya pemeliharaan yang tinggi. pilihan lansekap ini juga menghilangkan kebutuhan untuk pestisida mahal dan berpotensi berbahaya.
Bangunan telah berorientasi pada situs untuk secara efektif menangani masalah-masalah dari keuntungan matahari sepanjang tahun. Secara khusus, di musim dingin, sinar matahari memasuki gedung dengan cara yang meminimalkan pemanasan tambahan, tapi desain bangunan juga mengurangi solar mendapatkan itu di musim panas dan karena itu meminimalkan kebutuhan untuk pengkondisian udara tambahan. Selain itu, kinerja tinggi Low-E kaca dipekerjakan di segala kondisi seluruh eksterior, mempromosikan visibilitas tinggi dan akses visual untuk lingkungan alam sementara juga mencapai level terendah surya faktor keuntungan panas keseluruhan.
Jangka Panjang
Sebuah bangunan kesehatan, bahkan pusat medis besar seperti EMCM, akan dikenakan biaya lebih sedikit untuk mengoperasikan dan memelihara seluruh siklus hidupnya jika dirancang, direkayasa, dan dibangun secara berkelanjutan. Semua keputusan desain tim yang diperiksa melalui proses ketat yang dianggap baik biaya dimuka dan biaya pemeliharaan dari waktu ke waktu - Biaya Life Cycle. Kami seksama isu Site, dan Pengelolaan Air Energi, dan Material individual dan holistik, karena hanya melalui menggabungkan strategi inovatif yang kinerja bangunan secara keseluruhan dapat dioptimalkan. Tim kami juga bekerja sama erat dengan klien dalam hal Operasi, mengingat betapa pasien, staf, dan pengunjung akan menggunakan gedung pada hari pertama dari hunian serta lima puluh tahun di masa depan. Fundamental, bangunan paling berkelanjutan adalah salah satu yang dirancang untuk melayani masyarakat dalam beberapa cara untuk jangka panjang.
Blok Plan


Site Plan


Denah Lantai Dasar


Manajeman Konstruksi
Pembagian Sirkulasi Tiap Lantai





Galeri Picture







Video Aniasi


REFRENSI


Nama Anda
New Johny WussUpdated: Rabu, Januari 25, 2017

0 komentar:

Posting Komentar