TOPKAPI

Posted by Alviansyah Yudhistiro on Sabtu, April 07, 2018


BAB I
SEJARAH



Istana Topkapi terletak di selat Bosforus sebagai saksi kejayaan serta tragedi terbesar dalam sejarah Kesultanan Usmaniyah (Ottoman). Meski sekarang telah berubah fungsi menjadi sebuah museum, tetapi kurang dari satu abad lalu tempat ini merupakan kediaman Sultan, selir-selir serta para pelayan setianya.
Istana tersebut dibangun di Istanbul antara 1466 dan 1478 M atas perintah Sultan Mehmet II. Setelah menaklukkan kota tersebut pada tahun 1453, dia membutuhkan sebuah tempat yang layak untuk dihuninya. Topkapi didirikan di atas reruntuhan kuno para kaisar Bizantium. Hal ini guna menunjukkan kelanjutan dari kekuasaan dan kemuliaan negara. Menjelang akhir abad ke 15, istana ini menjadi tempat hunian utama para sultan. 
Situs ini memiliki luas 173 ekar (70 hektar) dan dikelilingi oleh dinding sepanjang lebih dari 3 mil (5 kilometer). Kagumi gerbang yang menjulang tinggi, halaman dengan deretan pohon dan bangunan klasik Turki, yang pernah menjadi kediaman sultan Ottoman dan pengikutnya. Istana ini berkembang dan berubah selama masa kekuasaan sultan penerus, masing-masing meninggalkan jejak peninggalannya pada istana ini.
Dalam bahasa Turki, "Topkapi" berarti Gerbang Meriam. Nama tersebut diambil dari meriam-meriam besar yang ditampilkan di depan gerbang istana. Meriam inilah yang digunakan ketika merebut kota Istanbul yang dahulu dikenal sebagai Konstantinopel. 
Pada tanggal 3 April 1924, diputushkan bahwa Istana Topkapi dialihfungsikan menjadi sebuah museum, dan menjadi yang pertama dalam sejarah Republik Turki. Letak istana dekat di bagian tengah kota, tidak jauh dari Mesjid Suleymaniye dan Mesjid Biru, dekat selat Bosforus.
Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1985 sebagai salah satu warisan dunia. Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi memiliki daya tarik utama bagi para muslim dimana Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini menyimpan berbagai macam peninggalan-peninggalan dari Nabi Muhammad SAW seperti jubah maupun pedang. Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini merupakan saksi bisu atas kejayaan Islam.

Istana Topkapi memiliki arsip dan perpustakaan yang luar biasa. Terdapat sekitar 300 ribu dokumen yang disimpan. Taman di Istana Topkapi sangat kaya dengan bunga dan tanaman seperti mawar, tulip, hyacinth dalam tradisi Ottoman.
Ketika istana berubah menjadi museum, untuk pertama kalinya masyarakat umum boleh mengunjunginya. Museum ini memiliki banyak koleksi peninggalan mereka yang telah mendiami tempat ini selama 400 tahun. Koleksi yang ditampilkan sehari-hari hanya sebagian kecil dari yang sesungguhnya terdapat di dalam gudang penyimpanan.
Selain lukisan, perhiasan dan barang pribadi milik sultan dan keluarganya, terdapat juga beberapa peninggalan yang terkait dengan masa Nabi Muhammad SAW.

Istana Topkapi kini menerima turis sepanjang tahun. Tempat ini sekarang menjadi pusat pembelajaran budaya Ottoman dan pada masa kejayaannya. Pengunjung dapat membayangkan betapa megahnya masa kejayaan tersebut sambil beristirahat sejenak di tempat tersebut.

BAB II
TIPOLOGI BANGUNAN

Istana Topkapi merupakan salah satu istana Ottoman yang paling terjaga keasliannya dan berada di lokasi tempat dimulainya permukiman di Istanbul. Kunjungilah area istana untuk mendapatkan wawasan mengenai sejarah kota Turki ini di masa Ottoman. Istana Topkapi yang didirikan di abad ke-15 diubah menjadi museum oleh Atatürk, pendiri Republik Turki, pada tahun 1924.
Meskipun istana ini adalah mimpi bagi pencinta sejarah, beberapa pengunjung datang ke sini hanya untuk melihat pemandangannya yang menghadap ke Tanduk Emas, pelabuhan alami di Istanbul, Selat Bosporus dan Laut Marmara.
Situs ini memiliki luas 173 ekar (70 hektar) dan dikelilingi oleh dinding sepanjang lebih dari 3 mil (5 kilometer). Kagumi gerbang yang menjulang tinggi, halaman dengan deretan pohon dan bangunan klasik Turki, yang pernah menjadi kediaman sultan Ottoman dan pengikutnya. Istana ini berkembang dan berubah selama masa kekuasaan sultan penerus, masing-masing meninggalkan jejak peninggalannya pada istana ini.


Denah Topkapi
Bangunan Istana Topkapi terbagi atas empat bagian besar yang dipisahkan oleh tiga gerbang utama.


Di halaman pertama, Gereja Hagia-Irene yang digunakan sebagai gudang senjata yang dibangun orang Romawi. Kendati demikian, bangunan itu kini digunakan sebagai gedung teater. Selain difungsikan sebagai museum, istana ini juga dimanfaatkan buat pertunjukan opera setiap musim panas selama berlangsungnya Festival Internasional Istanbul. Serta bangunan layanan luar seperti Mint, Oven dan Rumah Sakit berada di sana.


Halaman kedua adalah dikelilingi tembok sepanjang lima kilometer dan empat taman yang rindang, juga dibangun berbagai bangunan pelengkap lainnya, seperti hareem section, paviliun, dapur, ruang pertemuan, dan barak militer.  Alun-Alun Divan (Square of Justice) yang menjadi tuan rumah bagi gedung administrasi benteng Kekaisaran. Halaman ini juga merupakan halaman upacara. Divan-ı Hümayun (Kubbealtı / Dewan Kekaisaran) dan Departemen Keuangan dari Divan-ı Hümayun terletak di halaman itu. Di belakang struktur dipan, ada Menara Kehakiman yang mewakili keadilan Sultan. Asrama Halberdiers dengan Tresses dan Pintu Masuk Harem juga terletak di halaman ini. Ada juga struktur Stable Privy di sisi yang sama di sekitar halaman dalam. Di sisi Marmara Courtyard of Justice, ada Dapur Istana dan bangunan layanan tambahan. Babüssaade (Gate of Felicity) di mana upacara koroner, pemakaman, dan festival diadakan di sisi utara Courtyard of Justice.


Dan bagian terpenting dari kompleks itu adalah hareem section. Di bangunan yang berbentuk apartemen inilah, istri-istri dan ibu para sultan Turki, bertempat tinggal. Para istri tersebut diajarkan cara menari, menyulam, dan memainkan beberapa instrumen musik. Selain sultan, para istri yang berasal dari berbagai negara ini tidak boleh dilihat orang lain. Mereka dijaga dengan ketat oleh para pengawal.
Kamar terbesar di Istana Topkapi berada di hareem section. Ada pula sebuah ruangan yang digunakan untuk pertemuan rahasia. Di ruangan ini terdapat pancuran air untuk mengelabui suara saat pertemuan berlangsung.


Halaman ketiga (Enderun - Istana Dalam) adalah bagian yang Istana dididik dan ditugaskan untuk jajaran tinggi Negara. Itu dibentuk oleh asrama dan struktur milik Sultan. Hall of Audience di mana Sultan menerima wazir dan duta besar, Perpustakaan Enderun yang dibangun oleh Sultan Ahmed III, Treasury of Enderun juga dikenal sebagai Conqueror's Pavilion, Privy Room (Chamber of Sultan) dan Masjid Aghas 'yang dibangun untuk Enderun aghas di pemerintahan Fatih adalah struktur penting dari halaman ini. Halaman ini dikelilingi oleh Ruang Besar dan Ruang Kecil, Bangsal Pasukan Ekspedisi, Bangsal Pantry, Bangsal Harta dan Bangsal Kamar Privy yang ditambahkan ke Kamar Privy pada abad ke-19.

Dari Kamar Privy, dan Courtyard Enderun, ada lorong ke halaman Imperial Sofa yang menjadi tuan rumah bagi kios dan kebun. Di bagian Teras Marmer di halaman ini, ada Kios-kios Revan dan Baghdat, Ruang Sirkumsisi, dan Kanopi Iftaree. Di bawah teras ini, ada taman bunga gantung yang dikelilingi oleh Kios Sofa kayu dan Menara Kepala-Dokter. Di sisi Marmara di taman ini, ada Masjid Sofa, Kios Mecidiye, dan Ruang Lemari Pakaian. Juga diketahui bahwa ada banyak kios dan struktur layanan di Privy Gardens yang mengelilingi Istana di poros Maramara, Seraglio-Point dan Golden Horn.
Sementara itu, pada bagian depan Istana Topkapi terdapat pintu gerbang yang berfungsi sebagai pintu masuk ke dalam istana. Bangunan ini berupa dua buah menara berbentuk persegi delapan. Bentuk arsitektur pintu gerbang ini merupakan pengaruh dari Bizantium. Pada prasastinya, tertulis pintu ini dibuat pada 1542.
Setelah masuk ke bagian dalam, terdapat dua buah bangunan yang sangat besar. Bangunan pertama adalah bagian dari imperial mint dan dikelilingi oleh tembok-tembok yang sangat tinggi. Bangunan yang didirikan pada 1727 ini berfungsi sebagai kantor atau taman luar.
Sedangkan bangunan kedua atau setelah melewati bangunan tengah (pertama tadi), pengunjung dapat menyaksikan sebuah bangunan yang merupakan tempat berkumpulnya para pejabat istana. Di sini terdapat taman penuh burung merak dan rusa. Bangunan ini dibuat sekitar tahun 1465.


Bagian dapur Istana Topkapi juga memiliki luas yang cukup besar, dengan peralatan yang lengkap dan terbilang canggih pada masa itu. Konon, dapur Istana Topkapi meniru istana sultan di Edirne. Arsitekturnya adalah Mimar Sinan.
Keberadaan dapur istana ini, menunjukkan tingginya nilai pusaka kuliner Turki yang hingga kini masih dipertahankan. Para Sultan Turki di masa lalu memang merupakan patron utama yang menjaga budaya kuliner Turki yang kaya raya.

 BAGIAN BAGIAN TOPKAPI PALACE
COURTYARD I
·      Babı Hümayun / The Imperial Gate 

Pertama dari tiga gerbang seremonial Istana Topkapi, dibangun pada tahun 1478 oleh Sultan Mehmet the Conqueror, adalah pintu masuk ke halaman pertama. Awalnya dibangun pada rencana persegi panjang, struktur simetris dua lantai dengan bagian berkubah antara sisi eksterior dan interior. Bagian ini mengingatkan kembali pada portal monumental istana abad pertengahan; kedua ceruk di kedua sisinya mengingatkan pada struktur Seljuk. Lantai atas (pondok kerajaan) digunakan oleh sultan untuk mengamati berbagai upacara dan pawai. Ditulis dengan marmer di bagian dalam dan eksterior, ayat-ayat Alquran, tanda tangan kekaisaran (tuğra) dari Sultan Abdülaziz dan tulisan Arab yang ditandatangani oleh Ali b. Yahya es Sufi bertanggal 1478.

·      Babusselam - Gate of Salutation ( Middle Gate )
Sultan Mehmed Sang Penakluk memiliki gerbang tengah yang dibangun pada tahun 1468. Setelah perbaikan selesai selama Suleyman, pemerintahan yang luar biasa, gerbang portal batu gerbang yang dipotong dengan batas-batas yang lebar dan ceruk samping mencerminkan gaya arsitektur Ottoman klasik, dan dua menaranya menyerupai pintu masuk kastil Eropa. Pintu besi adalah karya İsa bin Mehmed pada tahun 1524. Pada sisi yang menghadap ke halaman pertama, terlihat Kelime-i Tevhid (pernyataan iman Islam), tanda tangan Sultan Mahmud II, plakat marmer dengan tulisan tentang reparasi tertanggal 1758, dan tanda tangan Sultan Mustafa III. Di sisi yang menghadap ke halaman kedua, lengkungan gaya Rococo bertanggal abad ke-18, dan lanskap tertanggal abad ke-19. Bangsal yang digunakan oleh penjaga di kedua sisi gerbang tidak lagi ada.
Tidak ada yang menunggang kuda tetapi Sultan diizinkan melewati gerbang upacara ini, yang mengarah ke bagian utama istana. Hari ini berfungsi sebagai pintu masuk pengunjung ke Museum.

·      I. Avlu (Alay Meydanı)

Halaman pertama (luar) yang disebut Birun adalah yang terbesar dari ketiganya. Para sultan Ottoman melewati gerbang ini dengan kemegahan besar ketika mereka pergi keluar untuk berkampanye dan saat mereka kembali, serta ketika pergi ke salat Jumat dan untuk upacara. Halaman ini juga digunakan sebagai tempat menunggu sebelum acara penting seperti menerima duta besar asing, Janissari, pelayan dan kuda. Ini adalah satu-satunya bagian Istana yang terbuka untuk umum.

·      Hagia Irene
Gereja tidak diubah menjadi masjid setelah penaklukan Istanbul. Beberapa perubahan dilakukan pada interior dan eksterior dan digunakan sebagai Cebehane (depot senjata). Dua tablet prasasti marmer yang telah dipugar menghiasi entri portico yang ditambahkan oleh Sultan Ahmet III. Salah satunya dikembalikan pada tahun 1726 oleh Darü'l-Esliha dan senjata-senjata di dalamnya diatur, sehingga gereja telah dengan jelas diubah menjadi museum senjata. Prasasti lainnya, tertanggal 1744 pada masa pemerintahan Sultan Mahmud I, menunjukkan itu berubah menjadi depot senjata lagi setelah restorasi. Pada abad ke-19, depot senjata diberi nama "Harbiye Ambarı" (depot akademi perang). Pada tahun 1846, atas prakarsa Tophane Müşiri (Pemimpin Komandan Artileri) Fethi Ahmed Pasha, isinya disusun menjadi dua bagian dan bangunan itu secara resmi bernama Museum Munisi dan Artifak Maut. Kemudian digunakan lagi sebagai depot. Pada tahun-tahun 1908-40 itu berfungsi sebagai Museum Militer.

COURTYARD II
·      Second Court / Administrative Buildings 

Halaman itu selesai mungkin sekitar 1465 selama pemerintahan Sultan Mehmet II (Sang Penakluk), tetapi menerima penampilan terakhirnya sekitar 1525-1529 pada masa pemerintahan Sultan Suleyman I (Yang Luar Biasa) di mana ia diperluas dan direnovasi. Ini adalah pusat administrasi Kekaisaran Ottoman dan alun-alun tempat upacara diadakan. Itu dikelilingi oleh arcade di keempat sisinya. Sumbu utama dari halaman yang memiliki berbagai sumbu adalah poros Gate of Felicity (Bâbü's-Saâde) yang mewakili Sultan. Di sisi kanan halaman kami menemukan dapur istana; di sisi kiri adalah Divan Lounge atau Aula Dewan (Divanhane), Perbendaharaan Luar, Gerbang Harem, Menara Kehakiman, dan Bangsal Halberperier yang Tersembunyi. The Council Hall, yaitu Dewan Kekaisaran (Dîvan-i Hümâyûn), juga disebut Kubbealtı , yang berarti "di bawah kubah", mengacu pada atap kubah ruang utama dewan. Pada tingkat yang lebih rendah di bagian belakang arcade halaman terletak Kubah Kerajaan dan Masjid Beshir Agha (Beşir Aga) . The Second Courtyard juga disebut sebagai Divan Square ( Divan Meydanı ) atau Justice Square karena menjadi tempat dari dua lembaga penting, Dewan Balai (Divanhane) dan Menara Keadilan di mana urusan negara sedang dibahas empat kali seminggu.
Halaman ini adalah tempat dimana akses para sultan ke upacara tahta (Cülûs) berlangsung (H. 1524, 25b-26a) serta upacara untuk menyerahkan Spanduk Suci (Sancak-ı Şerif) kepada komandan pasukan ekspedisi yang sedang melakukan kampanye militer; the Eve Reception (Arife Divanı) - diadakan sehari sebelum Bayram- hari libur keagamaan -; Penerimaan Salam Bayram (Bayramlaşma Töreni) (B. 200, 159b-160a); upacara-upacara yang diadakan pada kesempatan penyerahan gaji trimontoh ( ulûfe ) ke Tentara Kavaleri (Sipahi) dan Janissari; dan upacara yang diselenggarakan untuk penerimaan duta besar asing. Upacara distribusi gaji, yang berlangsung setiap tiga bulan adalah acara paling mulia yang disebut Victory Gathering (Galebe Divanı). Penerimaan tamu asing dan duta besar biasanya diatur untuk hari yang sama, sehingga mereka dapat menonton sementara gaji dan makanan dibagikan dengan cara mewah kepada para prajurit yang berbaris di sepanjang arcade halaman, sehingga menciptakan kesempatan untuk menampilkan kekayaan dan kekuatan Kekaisaran Ottoman. Para duta besar kemudian diterima oleh Wazir Agung di ruang Dewan, di mana sebuah pesta diadakan untuk menghormatinya.

·      Imperial Council - Dîvan-i Hümâyûn / Kubbealtı 

The Council Hall pertama adalah struktur kayu yang dibangun di bawah Fatih Sultan Mehmet II (The Conqueror) (1451-1481). Struktur arcaded saat ini adalah produk dari pekerjaan konstruksi ulang yang dilakukan pada 1527-29 di bawah Sultan Suleyman yang Agung oleh Kepala Arsitek Alâeddin dan berbagai renovasi berturut-turut yang dilakukan sesudahnya. Dinding bagian dalam dilapisi marmer selama abad ke-16. Ornamen tertentu dan kepala kolom stalaktit dan lengkungan serambinya dan simbol marmer kekuasaan dimahkotai tanggal lengkung kosong dari periode abad ke-16 bangunan. Struktur ini menerima penampakan masa kini melalui ornamen yang ditambahkan selama renovasi yang dilakukan pada tahun 1792 di bawah pemerintahan Sultan Selim III. Lengkungan ditutup dengan grid berlapis emas dan pintu dengan rococo relief ditambahkan. Salah satu dari dua prasasti dalam ayat di façade bangunan, yang mengalami renovasi lebih lanjut pada tahun 1819 pada masa pemerintahan Sultan Mahmut II, milik Sultan Selim III dan yang lainnya untuk Sultan Mahmut II. Dinding lengkungan Kantor Clerk dari Dewan Kekaisaran (Divan-i Hümâyûn) menanggung monogram Sultan Mustafa III.

·      Tower of Justice 

Menara ini awalnya dibangun di bawah Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) (1444-46 / 1451-81) sebagai menara kios dan kemudian direnovasi dan diperbesar oleh Sultan Suleyman yang Luar Biasa antara 1527 dan 1529. Menara ini berada di puncaknya sebuah pucuk kayu ditutupi dengan atap berbentuk kerucut. Sultan Mahmut II menaikkan menara lebih jauh dengan merekonstruksi lenteranya pada tahun 1825 (1820). Akhirnya, sebuah belvedere dalam gaya Kerajaan ditambahkan ke menara selama masa pemerintahan Sultan Abdülaziz (1861-76). Tangga dari menara lima lantai berasal dari abad ke-19. Menara ini dibangun sebagai contoh menara istana tradisional yang memungkinkan kedaulatan untuk melihat kota dan istana, dan khususnya, untuk mengikuti pertemuan Dewan dari jendela panggangnya

·      Outer Treasury 

Gedung Perbendaharaan Luar, yang saat ini digunakan sebagai Bagian Senjata, pada awalnya dibangun di bawah Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) (1451-181), dan kemudian dihancurkan bersama dengan bekas Dewan Balai dan digantikan oleh bangunan baru yang didirikan antara 1526 dan 1528. selama masa Sultan Suleyman yang Luar Biasa. Struktur ditutupi dengan delapan kubah yang bertumpu pada tiga pilar penopang besar.
Gedung Perbendaharaan Luar telah digunakan sebagai kas negara resmi hingga pertengahan abad ke-19.
Pajak yang dipungut dari negara dan dari provinsi, sumber daya yang berasal dari kampanye militer, bulu dan kaftan yang akan diberikan kepada duta besar (hilat), sutra dan jubah brokat emas, bulu sable-lynx dan register tua dari Dewan Balai disimpan dengan aman di gedung ini. Gaji trimonthly (ulûfe) dari tentara janissari dan kavaleri (Sipahi) dan kampanye militer dan belanja angkatan laut, dan gaji pegawai negeri sipil dari administrasi pusat ditanggung oleh perbendaharaan ini. The Outer Treasury, yang berada di bawah tanggung jawab Bendahara (Defterdar) ditutup dan ditutup dengan membubuhkan cap Sultan yang dikonservasi oleh Wazir Agung.

·      Ward of the “Zülüflu” Guards 

Bangsal Pengawal Zülüflu dibentuk pada abad ke-15 untuk tujuan pengenalan ke dinas militer. Korps melakukan tugas-tugas seperti membersihkan istana Harem dan Selamlık, melakukan komunikasi yang cepat dan rahasia dari sultan, membawa dan merakit kembali tahta untuk aksesi dan upacara hari raya keagamaan, memindahkan benda-benda berat dan membawa bier pemakaman sultan dan miliknya. anggota keluarga. Kata “ zülüflü ” (“jalinan”) berasal dari kepangan yang tergantung di kedua sisi tutup kepala berbentuk kerucut mereka. Kerah mereka dan kerahnya menghalangi mereka mengamati lingkungan di Harem sambil melakukan tugas mereka seperti membawa kayu bakar. The Zülüflu Guards Chamberlain adalah komandan mereka. Menurut tugas yang diberikan, mereka memiliki jabatan seperti Kepala Garda, Penjaga Kamar Dewan, Pemasok Pantry, Kapten Pengawal, Petugas Kamar, Produser Buah-Buahan Kering dan Kacang-kacangan, Pembuat Pipa Air, dan Pelari.

·      Privy Stables / Imperial Stables 

Struktur yang digunakan untuk kuda-kuda Sultan dan Enderûn aghas (ğalar) adalah tanggal untuk periode pertama istana. Kandang yang stabil sejumlah tertentu kuda yang dipilih milik Sultan berada di bawah tanggung jawab stableman (imrahor) . Ruang tertutup dengan kubah tunggal dan ruang penghubung yang terletak di ujung utara struktur berbentuk persegi panjang berfungsi sebagai ruang penyimpanan untuk harness yang berharga dan pelana Sultan, "Treasury Harness Kekaisaran" ( Raht-ı Hümâyûn Hazinesi). Langit-langit berornamen dari ruang berkubah dipindahkan dari sini ke Kóçeoğlu Mansion selama renovasi tahun 1940. Bagian ini juga bertempat di apartemen-apartemen dari Kustodian Stables ' (Ahır Emini) , juga disebut Kepala Stableman (Baş imrahor) dan para pembantu lainnya. Dari prasasti di gerbangnya, kami memahami bahwa bangunan itu benar-benar dipugar pada 1736 dan masjid tua dan pemandian di halaman dibangun kembali oleh Kepala Kasim Beshir Agha (Dârü's-saâde Ağası Beşir Aga) . Cekungan di halaman tanggal dari periode Fatih Sultan Mehmet (1451-81) dan Sultan Murat III (1574-95). The Imperial Stables terhubung dengan First Courtyard / Ceremony Square melalui jalur yang disebut Gerbang Stabil atau Gerbang Meyyit (Gerbang Pemakaman).

·      Beshir Agha Mosque and Baths 

Masjid dan pemandian dibangun pada 1736 oleh Hadji Beshir Agha (Hacı Beşir Aga) , Kepala Kasim Istana ( Dârü's-saâde Ağası) selama waktu Sultan Mahmut I, untuk penggunaan pejabat Kekaisaran Istana. Strukturnya ditinggikan dari tanah (fevkani) dan dibangun dalam gaya neo-klasik. Dinding masjid ditutupi dengan plester tiruan batu bata sesuai dengan mode abad ke-18. Ia memiliki menara tunggal. Semua bagian-bagian kayu dan loge telah direnovasi sedangkan jendela kaca berwarna gaya baroque dan altar marmer adalah asli. Pemandian (hamam) yang terhubung ke sayap selatan masjid berkubah ganda.

·      Palace Kitchens 

The Palace Kitchen juga disebut sebagai Dapur Utama (Mâtbah-ımire) melayani Sultan, orang-orang Enderûn dan Harem terbuka ke Halaman Kedua melalui pintu Pantry Utama (Kiler-i Âmire), Dapur Privy (Memiliki Mutfak) dan bagian dapur di mana makanan penutup dan permen dibuat, Helvahâne yang terletak di bagian belakang serambi. Ditempatkan di tiga sisi halaman dalam yang memanjang adalah Sherbet & Jam Room (Şerbethane / reçelhane) , Dessert dan Candy Room (Helvahane) , dapur yang tepat, fasilitas sholat untuk koki dapur dan koki, rumah minyak, pantry yang digunakan hari ini sebagai arsip istana, dan terletak di seberang mereka adalah bangsal untuk koki dan koki. The Palace Kitchen juga melayani makanan kepada pejabat tinggi negara bagian, anggota Dewan Kekaisaran dalam sesi dan berbagai kelompok lain yang membentuk bagian dari hirarki Istana.
Dapur yang terdiri dari sepuluh bagian dibangun pada abad ke-15 dan dikembangkan dan diperbesar selama abad ke-16 di bawah pemerintahan Sultan Suleyman the Magnificent. Mereka dipulihkan setelah kebakaran tahun 1574 oleh Kepala Arsitek Mimar Sinan. Struktur berkubah rendah yang terletak di sebelah selatan dapur berasal dari abad ke-15. Dindingnya terbuat dari batu dan sistem penutupnya terbuat dari batu bata.

·      Bâbü's-saade (Gate of Felicity) 

Gerbang Felicity ( Bâbü's-saâde atau Bab-üs Saâdet ) adalah pintu masuk ke Inner Court ( Enderûn ), juga dikenal sebagai Third Courtyard, menandai perbatasan ke Outer Court atau Birûn . Halaman Ketiga terdiri dari area pribadi dan tempat tinggal di istana, termasuk Sekolah Enderûn. Sultan menggunakan gerbang ini, yang melambangkan kekuatannya, dan alun-alun Divan Meydanı hanya untuk acara-acara khusus seperti aksesi ke upacara tahta (cülûs) , Resepsi Malam Bayram (Arife Divanı) - diadakan sehari sebelum Bayram Kudus - dan Penerimaan Bayram Greetings (Bayramlaşma Töreni). Sultan duduk di depan gerbang di tahta Bayram pada hari-hari keagamaan dan meriah ini, ketika para subyek dan pejabat melakukan penghormatan mereka berdiri.
Di kedua sisi gerbang terdapat tempat-tempat dari Kepala Kasim Harem Sultan (disebut Bâbü's-saâde Ağası ) serta dari Kasim Putih (Akağalar) yang bertanggung jawab atas Enderûn . Ini membuka ke alun-alun Alun-alun Divan melalui teras berujung runcing dengan puncak stalaktit bertanggal ke abad ke-16.

·      Sokhumi Fortress Inscription

Prasasti awalnya milik Benteng Sokhumi di pantai Laut Hitam dibangun di bawah Sultan Ahmet III (1703-30). Itu dibawa ke Istana Kekaisaran selama Perang Ottoman - Rusia (1877-78). Sebuah monogram berusia 1877-tahun (tughra) dari Sultan Abdülhamit II memahkotai pengenalan epigraf dalam ayat.

COURTYARD III
·      Court / Enderun Courtyard

Enderûn (artinya "paling dalam" adalah bagian "selâmlık" yang disediakan untuk pria, dari kompartemen pribadi istana. Itu juga disebut "Harem-i Hümâyûn" (Imperial Seraglio) bersama dengan Harem di mana Sultan tinggal bersama keluarganya. The Enderûn Courtyard yang terbentuk selama masa pemerintahan Fatih Sultan Mehmet - Sang Penakluk - (1451-1481), terdiri dari teras tempat paviliun Sultan berada, teras marmer yang disebut S ofa-i Hümayun (Balai Kekaisaran) menyimpan Sultan rumah mewah dan taman bunga. Halaman itu berisi juga tempat tinggal Sekolah Enderûn, yang diperuntukkan bagi pendidikan anak-anak yang direkrut melalui Devshirme ( Ottoman Turki : Devşirme) - sebuah sistem perekrutan anak-anak muda dari latar belakang asing untuk melayani Kekaisaran Ottoman.

·      Arz Odası (Audience Hall)

The Audience Chamber, juga dikenal sebagai Audience Hall atau Chamber of Petitions ( Arz Odası- Arz Dîvanhanesi ), terletak tepat di belakang Gate of Felicity dan menyatu dengan itu melalui lekuk adalah tempat utama yang mewujudkan kontak langsung Sultan dengan administrasi negara. Ini adalah tempat yang disebut sebagai Kantor Tinggi ( makam-ı muallâ ) dalam keputusan Sultan. Sultan digunakan untuk menerima duta negara asing di ruangan ini. Ini juga merupakan tempat di mana mereka secara seremonial menyerahkan Spanduk Suci (Sancak-ı Şerif) kepada para komandan pasukan ekspedisi yang sedang melakukan kampanye militer.

·      Library of Ahmet III / Enderun Library

Sebuah perpustakaan yayasan yang diberikan untuk kepentingan siswa Sekolah Istana Enderûn dibangun oleh Sultan Ahmet III (1703-1730), menggantikan mantan Pool Pavilion. Puisi Arab dalam enam ayat yang tertulis di gerbang utama bangunan ini, yang merupakan perpustakaan pertama yang didirikan di gedung Istana, terletak di pusat Enderûn Courtyard, menunjukkan tahun 1719 sebagai tanggal pembuatannya, sesuai dengan hasilnya. perhitungan numerology

·      The Dormitory of the Expeditionary Force

The Dormitory of Expeditionary Force ( Seferli Koğuşu ) dibangun pada 1635 di bawah Sultan Murat IV (1623-1640) di plot bagian yang dihancurkan dari Sultan's Bath (Hünkâr Hamamı). The Expeditionary Force Ward yang lama terdiri dari air mancur di depan Hamam milik Sultan, sebuah pemandian, sebuah masjid kecil dan asrama yang sebenarnya. Bangunan itu diruntuhkan dan dibangun kembali oleh Sultan Ahmet III pada 1719, dalam rangka pembangunan Perpustakaan Enderon. Pada periode itu, sebuah arcade termasuk kolom-kolom Paviliun Kolam yang dihancurkan ditambahkan di depan bangsal. Inti sebenarnya dari bangunan yang didukung oleh tujuh kolom telah bertahan hingga hari ini. Kubah barel dari aula besar di sisi halaman dari Expeditionary Force Ward, yang terdiri dari dua ruang yang saling terkait, didasarkan pada lengkungan dan kolom batu. Aula kecil di bagian depan Marmara memiliki langit-langit kayu. Prasasti di atas pintu masuk ke bangsal membawa monogram Sultan Mahmut II (1808-1839) yang memulihkan gedung.

·      Sultan Mehmed II (Conqueror) Pavilion/ Treasury Department

The Conqueror's Pavilion, juga disebut The Conqueror's Kiosk (Fatih Köşkü) dengan arcade-nya di depan adalah salah satu struktur tertua dari Istana yang dibangun di bawah Fatih Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) di tahun 1462-63, sehingga membentuk rencana Istana Topkapı. Ini memiliki tata letak tempat quad seperti paviliun Sultan lainnya di dalam Istana. Paviliun Fatih memiliki fitur khusus arsitektur kekaisaran, dengan kamar-kamarnya yang luas, terasnya dalam penampilan iwan, ruang depan dengan serambi, gerbang tingginya di belakang beberapa kolom porfiri, jendela yang dalam dan ceruk di dindingnya dan perapiannya yang megah. The Conqueror's Pavilion adalah aplikasi monumental yang terbuat dari batu yang berbentuk rumah tradisional dengan aula luar. Tembok besar bangunan dan dua gudang bawah tanah berkubah didukung oleh sub-struktur yang meliputi pembaptisan Byzantium kecil yang dibangun di sepanjang rencana trefoil, yang ditemukan selama penggalian di ruang bawah tanah. Struktur yang awalnya langit-langit kayu dan ditutupi dengan atap berlapis-lapis telah direnovasi selama abad ke-16 untuk mendapatkan tampilan yang sekarang.

·      Treasury Ward

Bangsal ini didirikan oleh Sultan Mehmet Sang Penakluk. Halaman-halaman dari Bendahara Perbendaharaan yang memiliki tempat penting di dalam Enderûn Institution bertanggung jawab atas pelestarian dan perlindungan harta istana yang tepat. Arsitektur asli bangsal terdiri dari arcade depan, dinding luar bata dan interior kayu. Itu bersebelahan dengan Departemen Senjata dan Ward Pantry, tetapi lebih besar dari itu. Inspektur Keuangan Seferlili Dayezâde Mehmed Bey memiliki bangsal awal yang dirobohkan bersama dengan Pantry Ward dan memiliki struktur sekarang yang dibangun. Saat ini lebih kecil dari sebelumnya karena jarak antara Pantry Ward dan Departemen Senjata diamplifikasi.

·      Privy Room and the Pavilion of the Holy Mantle


The Privy Chamber (Has Oda) juga dikenal sebagai Chamber of the Mantle of Felicity (Hırka-I Saadet Dairesi) dibangun di bawah Sultan Mehmet the Conqueror (1451-1481) di Enderûn Courtyard sebagai rumah pribadi untuk Sultan Ottoman. Ini adalah paviliun istana dua lantai dengan tata ruang quad (empat bagian). Ruang ruang ganda di pintu masuk disebut Aula dengan Air Mancur (Şadırvanlı Sofa) karena air mancur marmer yang terletak di bawah kubahnya. Dua bagian lain dari lokasi empat bagian terdiri dari dua kamar berkubah yang terhubung melalui pintu satu sama lain dan ke Fountain Hall.

·      Ağalar Mosque

Masjid Squires ( Ağalar Camii ) adalah masjid terbesar di istana. Ini juga salah satu konstruksi tertua, berasal dari abad ke-15 yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mehmet the Conqueror. Sultan, pengawal dan halaman akan datang ke sini untuk berdoa. Masjid itu sejajar dalam garis diagonal di halaman untuk membuat wajah penguburan Mekah. Terletak di samping Kamar Privy di sisi Golden Horn di Enderûn Courtyard. Bagian tengahnya yang besar ditutupi dengan lemari besi besar di abad ke-18. Ada dua ruang lateral yang sempit di masing-masing kedua sisi. Ada mihrab terpisah (altar) di bagian menghadap Kamar Privy. Bagian lateral kedua yang menghadap sisi lain dicadangkan untuk para pengawal dari Asrama Pasukan Ekspedisi dan Pantry dan Perbendaharaan untuk melakukan doa-doa mereka. Tiga jendela di bagian belakang bagian besar terbuka ke masjid Harem di mana Sultan serta Sultana (Ibu dari Sultan yang memerintah) dan istri Sultan digunakan untuk memenuhi doa-doa agama mereka.
Dinding Masjid Aga ditutupi dengan ubin abad ke-17. Contoh yang paling menarik adalah tumpukan dengan huruf Arab vav, dengan tanda tangan dari Archer Mustafa. Ini adalah ruang yang disediakan untuk doa-doa para pengawal tingkat tinggi.

·      Kilerli Koğuşu

Fatih Sultan Mehmet memiliki Pantry Ward dibangun, dalam rencana wilayah Topkapı Palace, antara Paviliun Penakluk dan Bangsal Departemen Keuangan. Kepala Bangsal Pantry, Pantry Ward Chamberlain juga adalah Inspektur yang menangani masakan Istana Kerajaan secara keseluruhan. Tugas-tugas halaman Bangsal Pantry adalah persiapan hidangan Sultan, pengaturan dan pemindahan meja makan malam kekaisaran, perawatan yang layak dari peralatan dapur Sultan yang berharga. Selain menyiapkan bahan makanan seperti pasta, sirup, sherbet, buah-buahan dan buah-buahan kering untuk Sultan, halaman-halaman itu membuat lilin untuk digunakan di berbagai paviliun, apartemen dan masjid di Istana. Mereka juga menyiapkan obat untuk pasien di Enderon Infirmary. Pada bulan April, mereka mengumpulkan "Air Hujan Bulan April" yang diyakini memiliki khasiat penyembuhan dan menyajikannya kepada Sultan.

·      Dormitory of Privy Chamber/Sultans Portrait

The Privy Chamber diubah menjadi akomodasi untuk para pejabat Mantle of Felicity di paruh kedua abad ke-19 dengan menambahkan lemari besi ke tiang-tiang Kamar Privy di halaman Enderun, dan menutupnya. Kolom, kubah dan dinding batu di dalam tanggal bangunan dari pemerintahan Mehmed II (1441-1446 / 1451-1481). Saat ini bangsal sedang digunakan sebagai ruang pameran untuk koleksi Potret Sultan.

COURTYARD IV
·      Fourth Court

Tempat Keempat terdiri dari Taman Tulip dan teras yang disebut Imperial Hall (Sofa-i Hümâyûn) . The Pond Terrace juga disebut Marble Hall diperluas ke arah menghadap Golden Horn dengan penambahan paviliun baru pada paruh pertama abad ke-17 di bawah Sultan Murat IV (1623-1640) dan Sultan Ibrahim (1640-1648). The arcade sofa marmer mengambil bentuk mereka saat ini di 1916.
Kios Hall kayu yang digunakan sebagai ruang rahasia oleh para sultan dan Menara Paviliun Batu / Hekimbaşı (Kepala Dokter) yang terletak di Taman Lâla (Tulip) di bawah Teras Kolam telah bertahan hingga saat ini. Ada berbagai kebun anggur dan pohon buah-buahan termasuk pohon jeruk dan lemon di samping banyak tempat tidur bunga yang dihiasi dengan berbagai mawar, tulip, hyacinth, anyelir dan bunga melati di Taman Tulip.

·      Circumcision Room

The Circumcision Room ( Sünnet Odası ) diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Kanunî Sultan Suleyman - Sultan Suleyman the Magnificent. Kota ini terletak di wilayah paling spektakuler di istana yang menghadap distrik Galata. Paviliun ini awalnya direncanakan sebagai kios musim panas Sultan ( Yazlık Oda ) disebut sebagai Ruang Khitan, karena fakta bahwa itu adalah tempat yang digunakan untuk sunat - sebuah tradisi agama dalam Islam untuk kebersihan dan kemurnian - upacara para pangeran-anak Sultan Ahmet III (1703 -1730).
Paviliun single-hall berbentuk kuasi-persegi memiliki dapur kecil di belakang. Ubin warna biru-putih yang dibuat dalam gaya jerami yang menutupi bagian muka bangunan adalah karya muralis terkenal Shah Kulu pada abad ke-16. Bangunan ini direnovasi pada 1640 oleh Sultan Ibrahim (1640-1648) sebagai bagian dari pembangunan kembali teras.

·      Revan Kiosk

Paviliun Revan dibangun pada 1635 di bawah Sultan Murat IV (1623-1640) untuk mengenang penaklukan Yerevan (Revan), di sebidang tanah yang diperoleh dengan mengurangi ukuran kolam yang ada di Sofa-i Hümâyûn sejak saat Sultan Mehmet Sang Penakluk (1451-1481). Paviliun diyakini telah dikandung oleh Kepala Arsitek periode, Koca Kasim Aga, dengan denah oktagonal memiliki tiga iwans. Langit-langit gazebo terletak di antara dua iwans di sisi timur menghadap ke Taman Tulip yang bertuliskan beberapa ayat dari Kaside-i Bürde (puisi suci).
Paviliun Revan juga disebut sarık odası (ruang serban) oleh beberapa sumber dengan mengacu pada fakta bahwa peninggalan suci disimpan di sana selama upacara pembersihan tradisional Kamar Suci Suci Kudus yang dihadiri oleh para sultan.

·      Baghdad Kiosk

The Baghdad Kiosk ( Bağdad Köşkü ) terletak di bagian kanan dari Marble Terrace. Dibangun pada 1639 untuk memperingati kampanye Baghdad Sultan Murat IV (1623 - 1640), mungkin oleh Kepala Arsitek Koca Kasim.
Ayat-ayat Alquran yang tertulis pada selubung yang membungkus bangunan di sekelilingnya ditulis dalam warna putih Celî Sülüs (sebuah gaya tulisan Arab dengan huruf besar yang digunakan dalam menulis tulisan) karakter dengan latar belakang biru oleh Tophaneli Enderûnî Mahmut Çelebi, seorang kaligrafer istana yang terkenal pada jaman itu. .

·      Iftaree Pavilion

Paviliun İftar yang disepuh, juga dikenal sebagai İftar Kiosk atau İftar Bower (İftariye Köşkü atau İftariye Kameriyesi) dibangun di bawah Sultan Ibrahim (1640-1648). Paviliun tombak yang berbentuk ceruk, terpisah dari Teras Marmer melalui posisinya yang menonjol, mendominasi taman yang lebih rendah dan Tanduk Emas dan Galata. Para sultan dilaporkan telah memiliki kebiasaan untuk membuat iftar mereka yaitu berbuka puasa di bawah bower ini setelah matahari terbenam selama bulan puasa Ramadan, di mana datang nama İftariye Kiosk. Beberapa sumber menyebut tempat peristirahatan ini sebagai "Kursi Bulan Purnama" di mana para sultan menerima bayram (akhir liburan Ramadhan) salam dari orang-orang Enderûnî (anggota lingkaran paling dalam dari Istana) kapan pun periode Bayram bertepatan dengan musim panas . Mereka juga menyaksikan dari sini acara olahraga dilakukan di halaman bawah.

·      Sofa Kiosk

The Sofa Pavilion juga disebut Kara Mustafa Pasha Pavilion atau Merdivenbaşı Kasrı (Top of the Stairs Pavilion) dibangun di bawah Sultan Mehmet IV (1648-1687). Struktur yang terdiri dari dua bagian independen yang disebut Divanhane (Divan-Lounge) dan Şerbet Odası (Sherbet Room) mengalami serangkaian restorasi selama periode Sultan Ahmet III (1703-1730) dan Sultan Mahmut (1730-1754).

·      Sofa Mosque

Kios Tenda dan Kios of Swordbearer ( Silahdarağa Köşkü ) berhasil satu sama lain di situs di mana awalnya Sultan Mehmet Sang Penakluk memiliki Paviliun Tempat Ketiga yang dibangun pada saat Istana Topkapi pertama kali didirikan. Sumber menyebutkan bahwa Masjid Sofa asli ( Sofa Camii ) pertama kali didirikan bersama dengan fondasi korps bernama Sofa Ocağı selama periode Sultan Suleyman yang Luar Biasa.

·      Mecidiye Kiosk

The Mecidiye Pavilion adalah bangunan terbaru di Topkapı Palace. Itu ditugaskan oleh Sultan Abdülmecit pada 1859 ke Serkis Balyan, arsitek Istana Dolmabahce. Awalnya disebut Kios Baru, itu kemudian bernama Kios Mecidiye dengan mengacu pada Sultan Abdülmecit yang telah dibangun. Itu didirikan di ruang bawah tanah berkubah dari Tempat Ketiga dan Kios Tenda yang berasal dari abad ke-15; bagian-bagian tertentu dari dinding dan fondasi bawah tanah di bawah tanggal dari periode Bizantium. Selama periode akhir dimana para sultan memindahkan tempat tinggal permanen mereka ke Dolmabahçe dan Yıldız Palaces, mereka akan mengunjungi Istana Topkapi hanya untuk perjalanan singkat dan tinggal di Paviliun Mecidiye ketika mereka akan datang ke sini untuk aksesi mereka ke Upacara Tahta (Cülus) atau kunjungan prosesi mereka ke Mantle of Felicity.

·      Chief physician’s Room / Head Tutor’s Tower   

Menara Kepala Tutor ( Baş Lala Kulesi ), juga dikenal sebagai Kamar Kepala Dokter ( Hekimbaşı Odası) dibangun sebagai menara pengawas selama masa Sultan Mehmet II (Sang Penakluk) pada era Romawi Timur segmen kota-dinding berbentuk.
The Chamber of the Chief Physician adalah semacam apotek pengadilan yang dinamai dari kepala dokter pengadilan, dokter mata dan ahli bedah yang jumlahnya berkisar antara 60 hingga 70, dan yang termasuk dalam struktur pemerintahan Ottoman yang disebut "Bîrûn" (kebalikan dari Enderûn yang berarti terdalam, Bîrûn yang berarti luar, eksternal, adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk kelompok pejabat pemerintah yang tempat kerjanya juga di dalam istana tetapi di luar lingkaran dalam istana kaisar). Selain Kamar Dokter Kepala ada dua apotek dan lima rumah sakit di pengadilan, termasuk satu di tempat Harem.

·      Wardrobe Chamber (Esvap Odası)

Wardrobe Chambers tempat pakaian dan perhiasan Sultan disimpan di Istana sejak zaman Fatih Sultan Mehmet. Tugas konservasi yang sesuai dari pakaian mengenakan kekaisaran diasumsikan pada periode awal oleh Dülbent Ağası (Muslin Master). Pada periode selanjutnya, fungsi itu dipenuhi oleh Esvabcıbaşı (Kepala Penjaga Garmen) dan krunya. Wardrobe Chamber yang terletak di dekat Mecidiye Pavilion adalah satu-satunya bangunan bertuliskan nama yang kita kenal hari ini di Istana Topkapi.

HAREM
·      Harem

Arti harfiah dari kata harem dalam bahasa Arab adalah, "tempat suci yang tidak diperbolehkan masuk semua orang". Dalam masyarakat Muslim, itu adalah gagasan yang mendefinisikan kehidupan keluarga yang intim. Dalam tradisi Ottoman, kata "Harem" digunakan dalam dua pengertian yang berbeda. Pertama, "harem sultan" yaitu keluarganya, dan makna kedua akan mengacu pada ruang di mana keluarganya tinggal. Selain merupakan inti dari dinasti, istana harem membentuk sayap kader para pejabat rumah tangga sultan yang direkrut melalui devshirme ( devşirme ) - sistem perekrutan anak-anak muda dari latar belakang asing untuk melayani Kekaisaran Ottoman - juga merupakan lingkungan yang melayani tujuan untuk menciptakan aristokrasi negara yang sehat dengan pernikahan para selir setelah menerima pendidikan yang disiplin kepada para rekrut-aghas (pengawal) yang telah sepenuhnya dididik dan dilatih di Sekolah Istana Enderûn.
The Topkapı Palace Harem adalah ruang hidup Sultan, Ibu Suri, wanita sultan, anak-anak, saudara laki-laki dan perempuan dan budak dan selir dan Black Eunuchs yang merupakan pelindung Harem. Kumpulan struktur ini, yang merupakan ruang privat dan terlarang dari Dinasti Ottoman, mengalami evolusi konstan dari abad ke-16 hingga awal abad ke-19, menampilkan berbagai macam gaya bangunan yang berubah-ubah setiap periode, sehingga membentuk suatu kompleks yang menarik dari sudut pandang sejarah arsitektur. Diperluas dalam waktu melalui penambahan yang dibuat oleh setiap sultan, Topkapı Palace Harem hari ini terdiri dari sekitar 300 kamar, 9 pemandian, 2 masjid, 1 rumah sakit, 1 binatu, dan banyak bangsal dari berbagai jenis.
Ruang hidup dari semua kelompok layanan yang terintegrasi dalam sistem pelembagaan Harem berkumpul di sekitar halaman bersama. Kenyataan bahwa jalan batu kerikil berjalan berakhir di Perapian Kamar yang merupakan pintu masuk ke tempat pribadi Sultan, menyoroti itinerary kedaulatan

·      The Dome with Cupboards / Treasury of Holy Relics

Tempat ini dibangun sebagai ruang depan ke Harem pada 1587 oleh Sultan Murat III (1574-95). Harem treasury bekerja di sini. Di lemari, catatan akta kepercayaan disimpan, dikelola oleh Kepala Kasim Harem. Perbendaharaan ini menyimpan uang dari dasar-dasar saleh Harem dan yayasan lain, dan catatan keuangan para Sultan dan keluarga kekaisaran serta hadiah berharga yang dikirim setiap tahun oleh Sultan Ottoman ke Mekkah dan Madinah selama periode ziarah.

·      The Hall with Fountain

Ruang ruang ganda di pintu masuk Harem disebut Aula dengan Air Mancur karena air mancur marmer yang berada di bawah kubahnya. Itu mencapai hari-hari kita dalam bentuk yang diperbaiki setelah api Harem 1665. Itu dipahami sebagai aula pintu masuk di bawah kendali kasim Harem. Ruang ini terhubung melalui serangkaian pintu ke Great (Kuda) Mounting dan Curtain Gate yang menghubungkan Harem ke Privy Garden (Has Bahçe) ; dan ke Masjid (Mescit) dari Kasim dan ke Menara Keadilan. Tumpukan batu di depan Masjid diramalkan bagi Sultan untuk diinjak-injak saat menaiki kudanya dan bangku-bangku tempat duduk berada di sana untuk digunakan oleh para pengawal. Air mancur di mana ruang ini diberi nama saat ini di baskom di bawah Kamar Privat Murat III. Dinding Aula ditutupi dengan ubin Kütahya abad ke-17.

·  Mosque of Eunuchs

Masjid dipugar mengikuti api Harem 1665. Dua pintu masuknya membawa nama-nama Sofa Şadırvanlı (aula dengan air mancur) dan Karaağalar Taşlığı (halaman dari kasim hitam). Tulisan di atas pintu masuk Sofa Şadırvanlı dikenakan tanggal 1666/67 (Hegira 1077). Ini mengarah ke koridor melengkung dengan jendela. Tanggal 1667/68 juga muncul di prasasti di atas bagian dalam pintu masuk lainnya. Masjid diatur pada rencana persegi dengan langit-langit kayu yang datar. Pintu interior masjid terbuka ke sebuah halaman kecil.

·      The Court of Eunuchs

Para kasim hitam juga menyebut Kasim Harem kebanyakan dipilih dari wilayah Afrika Tengah di Kekaisaran dan khususnya di antara suku Abyssinia. Mereka diajarkan aturan Istana dan Harem dan dilatih dan dididik dalam disiplin yang ketat. Fungsi utama mereka adalah menjaga gerbang dan mengontrol akses ke Harem, menemani gerbong dan membiarkan tidak ada orang dari luar memasuki Harem.

·      Pavilion of the Gentlemen-in-waiting on the Sultan

Orang-orang yang dekat dengan Sultan yang merupakan orang kepercayaan dan kawan karibnya disebut sebagai musahib (pendamping). Tuan-tuan yang sedang menunggu ini biasanya dipilih oleh Sultan, dari antara orang-orang yang berpengetahuan dan sopan, terampil dalam membuat komentar dan percakapan cerdas. Kamar-kamar yang dibangun untuk mengakomodasi Tuan-tuan yang menunggu ini terdiri dari struktur batu yang dipotong multi-level. Diketahui bahwa Bendahara dan kurcaci aghas yang bertanggung jawab atas urusan keuangan Harem juga memanfaatkan tempat ini. Dinding yang ditutupi dengan ubin di periode klasik mencapai abad ke-19, dilapisi dengan plester dicat. Bagian depan yang menghadap halaman masih sebagian ubin.

·      Eunuchs' Quarters

Asrama tanggal untuk abad ke-16. Mereka diatur di sekitar halaman dalam tiga lantai. Kamar-kamar yang dihias di lantai atas adalah untuk para pemula dan yang di bawahnya menghadap ke halaman ditempati oleh para kasim yang memiliki fungsi administratif. Lantai ketiga ditambahkan pada abad ke-18. Kamar-kamar dihiasi dengan motif bunga dan penggambaran lanskap. Serambi di depan bangsal dibesarkan setelah 1660 perbaikan.

·      Apartments of the Chief Black Eunuch

Dibangun pada akhir abad ke-16, unit ini memiliki ruang utama berlantai keramik dengan perapian, bathtub (hamam), dapur kopi, dan ruang-ruang layanan. Perapian di ruang utama ditutupi dengan ubin Eropa Baroque abad ke-18. Kompleks ini termasuk di lantai atas kamar keramik dengan perapian dan School of Princes, yang berada di bawah tanggung jawab Kepala Harem Kasim. Ruang sekolah adalah aula ganda-fronted dengan langit-langit berkubah dan berkubah. Tingkat atas dihiasi dengan ubin Ottoman abad ke-17 klasik sedangkan ubin gaya baroque menghiasi lantai. Ini ditugaskan pada abad ke-18 oleh Beshir Agha (Beşir Aga), Kepala Kasim Sultan Mahmut I. Perapian plesteran barok rinci juga berasal dari periode yang sama.

·  Main Entrance


Pintu masuk utama ( Cümle Kapısı ) memisahkan harem di mana keluarga dan para selir Sultan tinggal dari Halaman Para Kasim. Gerbang ini, sebuah platform terbuka dengan kubah dan lengkungan mengarah ke pos penjaga ( Nöbet Yeri ) di mana tiga bagian utama harem terhubung. Dinding lateral dari platform ditutupi dengan panel menggunakan ubin berhias cypress terkenal khas dari Topkapı Harem. Akses ke ruang ini disediakan melalui gerbang mahkota dengan ornamen gaya Rumi (gaya ornamen, banyak digunakan oleh Seljuk Anatolia) dan membawa prasasti 1667 tertanggal Al-Qur'an. Pintu di sebelah kiri pos penjaga memimpin melalui Passage of the Concubines ke Court of the Concubines ( Cariyeler Taşlığı ). Pintu di tengah mengarah ke Pengadilan Ibu Suri ( Valide Taşlığı ) dan pintu ke kanan mengarah melalui Jalan Emas ( Altınyol ) ke tempat Sultan. Cermin besar di aula ini berasal dari abad ke-18.

·      Courtyard of the Queen Mother

Halaman dari Ibu Suri terletak langsung di pusat inti Harem seolah-olah diletakkan di sana untuk menekankan pentingnya ibu-ibu ratu dalam tatanan hierarkis Harem. Apartemen Ibu Suri ( Valide Sultan Dairesi ) menghadap Tanduk Emas dan Pemandian Sultan dibangun setelah Ibu Ratu pindah ke Istana Topkapi pada akhir abad ke-16 dari Istana Lama ( Eski Saray ). Aula dengan perapian (Ocaklı Sofa) terletak di sebelah pemandian, terbuka, melalui gerbang yang disebut sebagai Kesultanan atau Gerbang Tahta (Saltanat / Taht Kapısı) , ke ruang hidup dinasti. Ini adalah tempat tinggal Sultan, Kepala Wanita (Baş Haseki) dan Putra Mahkota '. Ubin Ottoman berbagai era menghiasi dinding halaman. Air mancur di halaman didirikan pada masa pemerintahan Sultan Mehmet IV pada abad ke-17.

·      The Twin Pavilions / Chamber of Crown Princes

The Twin Kiosk / Apartemen Putra Mahkota (Çifte Kasırlar / Veliaht Dairesi) terdiri dari dua kamar pribadi dengan perapian klasik, dibangun pada abad ke-17, tetapi pada waktu yang berbeda. Salah satu unitnya berkubah; yang lain memiliki langit-langit kayu. Aula yang terletak di pintu masuk diperkirakan dibangun oleh Sultan Murat IV; dan yang terletak di dalamnya diyakini dibangun oleh Sultan Mehmet IV. Kios Kembar telah digunakan sebagai ruang jamban Putra Mahkota dari abad ke-18 dan seterusnya. Dinding-dindingnya dihiasi dengan dua baris jendela terlapis yang dikelompokkan dalam set tiga. Lengkungan lengkung kaca patri dari deretan atas jendela telah direnovasi. Air mancur dengan marmer-cekungan ditempatkan di tiang-tiang jendela yang menonjol sebagai elemen gaya arsitektur zaman itu. Ornamen-ornamen emas yang digambar dengan tangan pada kain yang melapisi langit-langit kayu adalah asli. Dinding, baik secara internal maupun eksternal ditutupi dengan contoh-contoh kualitas tertinggi dari ubin Iznik abad ke-17 yang dibuat selaras dengan gaya periode tersebut. Bingkai jendela dan ceruk marmer disepuh.

·     The Golden Way


The Golden Road (Altınyol) adalah bagian sempit yang membentuk sumbu Harem, berasal dari abad ke-15. Ini memanjang antara Courtyard Harem Kasim (Harem Ağaları Taşlığı) dan Kamar Privy (Has Oda). Sultan menggunakan jalur ini untuk melewati Harem, Kamar Pribadi dan Sofa-i Hümâyûn, Teras Kerajaan (Marmer) yang terletak di Enderûn Courtyard. Diperkirakan bahwa atribut "emas" berasal dari tradisi lemparan koin emas oleh para Sultan untuk diambil oleh para selir, pada kesempatan aksesi mereka ke tahta.

·      Corridor of the Concubines

Akses ke bagian Harem tempat para wanita tinggal disediakan melalui Hallway / Corridor of the Concubines. Piring yang disiapkan di dapur dibawa ke sini dengan nampan besar dan diletakkan di counter dan rak lorong oleh kasim hitam; dan setelah mereka meninggalkan daerah itu, para selir yang bertugas kemudian akan mengambil dan melayani lemping-lemping itu untuk penduduk Harem dalam urutan hierarkis sesuai dengan pangkat dan gelar.

·      Gate of Carriages / Gate of Girls

Pintu masuk Harem dari Second Courtyard adalah Gate of Carriages (Arabalar Kapısı). Prasasti di atas gerbang tertanggal 1586 menetapkan bahwa Harem diperluas di bawah Sultan Murat III (1574-95). Gerbang juga disebut Gerbang Gadis karena gerbang yang digunakan oleh wanita Harem ketika mereka kembali ke pengadilan dari tempat tinggal musim panas di tepi sungai atau ketika Ibu Ratu memasuki Harem setelah aksesi ke tahta putra mereka.

·      Apartments of the Queen Mother

Perempuan yang putra-putranya naik tahta sebagai raja memperoleh gelar "Ibu Suri / Sultana" (Valide Sultan) dan pindah dari Istana Lama di Bayezit ke Istana Topkapı dengan upacara besar yang disebut Prosesi Ibu Suri (Valide Alayı) . Kekuatan Ratu Ibu, yang dianggap sebagai otoritas tertinggi yang bertanggung jawab atas Harem, meningkat secara signifikan, khususnya selama abad ke-17 di mana banyak Sultan naik tahta pada usia yang sangat muda; sehingga mengarah pada terjadinya periode dalam sejarah dinasti yang disebut sebagai "Kesultanan / Pemerintahan Perempuan" (Kadınlar Saltanatı). Namun, ibu-ibu ratu yang putra yang berkuasa meninggal atau digulingkan harus kembali ke Istana Lama bersama dengan semua rombongan mereka, sehingga mengakhiri pemerintahan mereka.

·      The Baths of the Sultan and Queen Mother

Pemandian Sultan dan Ibu Suri ( Hünkâr ve Vâlide Hamamları ) diyakini telah dibangun oleh Arsitek Pengadilan Mimar Sinan pada tahun 1580-an dan mengalami beberapa perbaikan. Bagian utama dari mandi ganda ini terdiri dari beberapa kamar yang disediakan untuk Sultan sementara bagian lain untuk penggunaan wanita Harem. Itu didekorasi ulang dalam gaya Rococo di pertengahan abad ke-18. Dipanaskan dari bawah ke atas seperti pemandian Romawi melalui sistem hypocaust , kedua pemandian menyajikan desain yang sama, terdiri dari caldarium , tepidarium dan frigidarium . Setiap kamar memiliki kubah, atau langit-langit di beberapa titik kaca dalam struktur sarang lebah untuk membiarkan sinar matahari alami masuk Lantai dilapisi marmer putih dan abu-abu. Bak marmer dengan air mancur hias di caldarium dan panggangan besi yang disepuh merupakan fitur yang khas. Kisi-kisi emas adalah untuk melindungi Sultan mandi atau ibunya dari konspirasi pembunuhan.

·      Throne Room / Imperial Hall

Ruang berkubah di Harem, tempat upacara dan resepsi diadakan, diyakini dibangun menjelang akhir abad ke-16. Hiburan, pernikahan, dan pertukaran pekerjaan Bayram berlangsung di Aula ini. Prasasti faience pada tanggal dinding dari abad ke-18 dirubah dengan ubin Delft biru dan putih yang didekorasi dengan gaya rococo setelah api Harem 1665. Kubah, lengkungan dan pendentives dihiasi dengan pola klasik yang dilacak oleh kencan sikat dari awal konstruksi. Singgasana Sultan dan galeri Sultan Valide dan Kadinefendis memiliki aspek yang mengesankan. Ruang bawah tanah dan pintu apartemen lain terbuka ke Ruang Singgasana yang merupakan pintu masuk apartemen Sultan di Harem. Aula ini yang merupakan ruang kubah terbesar dari Istana adalah bagian paling penting dari apartemen yang disediakan untuk kediaman Sultan, ibu dan istrinya, yang pindah ke sini pada tahun 1580-an. Aula ini, dibangun beberapa tahun setelah Ruang Privat Murad III pada tahun 1579, dan yang karakter aslinya berdasarkan infrastruktur berpilar dan melengkung, dirancang sebagai ruang berkubah terbuka yang dikelilingi oleh kubah besar yang duduk di empat lengkungan suspensi dengan proyeksi monumental. di pintu masuk dan façade yang abutment tanpa jendela.

BAB III
ARSITEKTUR
LANDSCAPE, EXTERIOR & INTERIOR

COURTYARD I
·      Babı Hümayun / The Imperial Gate

·      Babusselam - Gate of Salutation ( Middle Gate )

·      I. Avlu (Alay Meydanı)


·      Hagia Irene


COURTYARD II
·      Second Court / Administrative Buildings


·      Imperial Council - Dîvan-i Hümâyûn / Kubbealtı


·      Tower of Justice


·      Outer Treasury


·      Ward of the “Zülüflu” Guards


·      Privy Stables / Imperial Stables


·      Beshir Agha Mosque and Baths


·      Palace Kitchens


·      Bâbü's-saade (Gate of Felicity)


·      Sokhumi Fortress Inscription


COURTYARD III
·      Court / Enderun Courtyard


·      Arz Odası (Audience Hall)


·      Library of Ahmet III / Enderun Library


·      The Dormitory of the Expeditionary Force


·      Sultan Mehmed II (Conqueror) Pavilion/ Treasury Department


·      Treasury Ward


·      Privy Room and the Pavilion of the Holy Mantle


·      Ağalar Mosque


·      Kilerli Koğuşu


·      Dormitory of Privy Chamber/Sultans Portrait


COURTYARD IV
·      Fourth Court


·      Circumcision Room


·      Revan Kiosk


·      Baghdad Kiosk


·      Iftaree Pavilion


·      Sofa Kiosk


·      Sofa Mosque


·      Mecidiye Kiosk

·      Chief physician’s Room / Head Tutor’s Tower

         

·      Wardrobe Chamber (Esvap Odası)


·      Dormitory of Privy Chamber/Sultans Portrait


HAREM
·      Harem

·      The Dome with Cupboards / Treasury of Holy Relics

·      The Hall with Fountain

·  Mosque of Eunuchs

·      The Court of Eunuchs

·      Pavilion of the Gentlemen-in-waiting on the Sultan

·      Eunuchs' Quarters

·      Apartments of the Chief Black Eunuch

·  Main Entrance

·      Courtyard of the Queen Mother

·      The Twin Pavilions / Chamber of Crown Princes

·     The Golden Way

·      Corridor of the Concubines

·      Gate of Carriages / Gate of Girls

·      Apartments of the Queen Mother

·      The Baths of the Sultan and Queen Mother

·      Throne Room / Imperial Hall


REFRENSI







Nama Anda
New Johny WussUpdated: Sabtu, April 07, 2018

0 komentar:

Posting Komentar